// Unknown // On-Selasa, 22 Januari 2013

Nah! kalo yang ini, mpe sekarang belum pernah nonton pilemnya, dulu juga hanya sebatas lihat di gambar beber. Hah! Gambar beber itu serangkaian gambar yang berurutan, biasanya dari nomer 1 mpe 36 gambar yang isinya bercerita tentang suatu tokoh (yang paling laris dibeli ma anak anak, biasanya cerita gambar superhero).

Nah! Dulu semacha...jiaaahhh!! maksudnya semasa kita masih kecil (ni khusus yang dah ABG di tahun 80an). Pastinya tahu atau suka nonton pilem superhero produknya Jepang. Nah! Dulu kalo nonton pilem pilem ni, biasanya kalo lagi ada hajatan atau nonton di rumah anak orang kaya [ dulu anaknya juragan ikan ] yang punya tipi warna dan video player [ dulu belum ada VCD atau DVD player ]. Saya sendiri boro boro punya video player, tipi aja masih item putih yang kalo dinyalain masih pake aki (accu). OK! langsung aja dijembrengin:
1. Megaloman


Sang Megaloman adalah tokoh "raksasa" herois yang memiliki senjata andalan pada rambutnya. Rambutnya bisa berubah menjadi rambut api saat menyerang musuhnya, biasanya berupa monster raksasa. Dan selalu setiap serinya, senjata rambut api ini digunakan saat "finishing" dengan berteriak "Megaloman Fire..!!!!". Sosok raksasa Megaloman adalah hasil perubahan dari manusia biasa. Sebelum jadi "gede" tokoh hero ini bernama Kenichi. Kenichi dan tim adalah pemberantas kejahatan dan penegak keadilan (begitu kira kira taglinenya).



2. Gaban


Adalah Polisi Angkasa, di Indonesia film ini berjudul Space Cop of Gabin. Si Gaban ini berasal dari planet Bird dan diminta untuk menjaga dan mempertahankan Bumi dari serangan musuh yang berasal dari Makuu Empire dan dipimpin oleh Don Horror. Gaban dibantu oleh rekannya, Mimi. Dan untuk berbaur dengan makhluk bumi, juga menghindari indetifikasi musuh, Gaban menyamar jadi manusia biasa dengan mencomot nama Retsu Ichijouji. Senjatanya banyak sekali, namanya juga sebuah robot polisi, tentunya dilengkapi persenjataan yang lengkap. Ada Lazer Z Beam, dan Senjata canggih lainnya. Juga tidak ketinggalan kendaraan yang dipake juga serba canggih. Ada Motor canggih, dan lain sebagainya.


3. Sharivan

Nah! yang satu ini kayaknya masih temenan ama Gaban, solanya suka denger anak anak kecil kalo lagi maen suka teriak Gaban Saripaaaannnn!!!!!. Konotasinya dua tokoh ini masih ada ikatan. Hyah!! Menurut Wikipedia, tokoh Sharivan ini juga seorang petugas hukum, Space Sheriff Sharivan. Pilemnya sendiri tayang perdana di 4 Maret 1983 yang disiarin oleh tipi Asahi. Videonya juga beredar di Indonesia. Seri pertama ngembil tajuk Metal Hero sama halnya dengan Gaban. 


Musuh Sharivan masih dari kalangan masyarakat kriminal angkasa yang terdiri dari :
  • Demon King Psycho
  • General Gyrer (episode 1-49)
  • Doktor Polter
  • Reider (episode 34-50)
  • Miss Demon 1 dan 2
  • Demonster
Penyamaran yang dilakukan sharivan mencomot nama manusia Den Iga.


4. Goggle V

Judul lengkapnya sih SENTAI GOGGLE V, mirip mirip salah satu nama search engine terkenal yah? Hehehe, kalo yang ini saya sering lihat di hajatan sunatan. Dulu di kampung kalo ada hajatan sunatan, biasanya suka ada hiburannya. Nah orang kampung saya menyebutnya Pideo, tertulis di undangan. Pideo samadengan Video. Makin kaya yang punya hajat, maka makin besar juga ukuran tipi yang dipake oleh penyedia hiburannya. Langsung ke Google...eeh Goggle V. adalah seri Jepang tokusatsu. Goggle V adalah seri Super Sentai yang ke-6 tetapi merupakan yang pertama beredar di Indonesia. Goggle V pertama kali beredar di Indonesia dalam bentuk kaset video beta sebanyak 13 buah kaset (50 episode) pada pertengahan tahun 80-an. Seri Goggle V sangat populer di kalangan anak-anak yang lahir pada tahun tersebut.
Goggle V beranggotakan lima orang, empat pria dan satu wanita. Setiap anggotanya diasosiasikan dengan satu warna yaitu merah, hitam, biru, kuning, dan merah muda.
Untuk menghadapi monster raksasa (kong), Goggle memanggil Goggle Caesar, pesawat induk mereka yang keluar dari Stadium Kourakuen. Di dalam Goggle Caesar (dioperasikan oleh Goggle Hitam dan Goggle Merah Muda) terdapat 3 bagian dari Robot Goggle:
  • Goggle Jet: Terdapat pada laci bernomor satu. Dapat berubah menjadi bagian kepala dan badan bagian depan Robot Goggle. Dioperasikan oleh Goggle Merah.
  • Goggle Tank: Terdapat pada laci bernomor dua. Dapat berubah menjadi bagian tangan dan badan belakang Robot Goggle. Dioperasikan oleh Goggle Biru.
  • Goggle Dump: Terdapat pada laci bernomor tiga. Dapat berubah menjadi kaki Robot Goggle. Dioperasikan oleh Goggle Kuning.
Goggle Merah, adalah bagian kepala, dan dada, Goggle Biru bagian punggung, dan Goggle Kuning bagian kaki. Senjata Robot Goggle adalah Pedang Bumi (Electron Galaxy Cut), Pukulan Goggle, Peluru Kendali Tangan, Sinar Goggle, dan Gangsing Goggle.
Musuh utama Goggle V adalah kerajaan Deshdark.
Karakter kerajaan Deshdark:
  • Führer Taboo (総統タブー Sōtō Tabū?)
  • Deshkila (デスギラー将軍 Desugirā Shōgun?) (episode 1-49)
  • Mazurka (マズルカ Mazuruka?) (episode 1-48)
  • Deshmark (デスマルク大元帥 Desumaruku Dai Gensui?) (episode 15-50)
  • Bella and Beth (べラ&べス Bera to Besu?)
  • Doktor Zazoriya (ザゾリヤ博士 Zazoriya Hakase?) (episode 1-15)
  • Doktor Iguana (イガアナ博士 Igaana Hakase?) (episode 1-15)
  • Spotmen (マダラマン Madaraman?)

5. Lion Maru

Dulu sih nyebutnya Lionman, kalo yang ini suka juga nonton di hiburan hajatan...kadang kalo mau ganti pelem kita suka teriak teriak ke operatornya..."Lionmaaann!!!!,, LionMaaaannn!!!!. Kadang berhasil diputerin pilemnya kadang juga kalo lagi sial malah diputerin pilemnya Oma Irama atau Rano Karno...atau dulu..paling laris di rikwes kaum dewasa dan tua, adalah pilemnya Arnold, judulnya Commando!..heheheh ya udah langsung saja ke Lion Maru..

Lion Maru adalah serial tokusatsu klasik yang dibuat oleh P Productions. Serial yang terdiri dari 25 episode ini merupakan hasil produksi bersama Fuji TV, dan disiarkan di Jepang mulai tanggal 14 April1973 sampai dengan tanggal 29 September 1973.

Nah ceritanya sendiri adalah tentang kehidupan para samurai jepang jaman dulu. Tokoh utamanya bernama Shisimaru Dan yang dapat berubah menjadi LionMaru atau kalo Jepangnya bernama Raionmaru!. Senjatanya adalah pedang Katana yang merupakan media perubahan dari manusia menjadi Raionmaru!. 
Sosok manusia yang berkepala singa putih untuk menumpas kejahatan.
WALAUPUN JADUL, KARYA JEPANG MEMANG TOP.!! 

cr : Wake Up Prasta

{ 6 komentar... read them below or Comment }

  1. mantap gan

    http://lantingrusak.blogspot.co.id/2016/01/kepribadian-berdasarkan-kamen-rider.html

    BalasHapus
  2. Perasaan yang bener tuh namanya gavan, bukannya gaban gan

    BalasHapus
  3. Di text dlm videonya memang gaban, udah di indonesiakan

    BalasHapus
  4. dulu kalo mo nonton video lionman, megaloman, zabogar, gaban, jiban, sariban, voltus, goggle dll kudu bayar 25 perak sama tetangga yg punya video. untuk nyewa kaset lanjutannya. hahahah....

    BalasHapus

Terimakasih Telah Berkunjung di Blog Saya :D

Pages

Visitor

Diberdayakan oleh Blogger.

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "