Archive for Februari 2013

Sistem Transportasi Publik di Jepang

//Minggu, 17 Februari 2013
//Posted by Unknown

Sistem Transportasi umum di Jepang dikenal sebagai sistem transportasi terbaik di dunia, karena ketepatan waktunya dan kenyamanannya sehingga hampir seluruh warga Jepang lebih memilih menggunakan Transportasi umum dibandingkan membawa transportasi sendiri sehingga otomatis menghindari terjadinya kepadatan transportasi di jalanan umum dan macet berkepanjangan, kondisi ini tentunya sangat berbeda dengan negara kita Indonesia? Masyarakat Indonesia lebih memilih menggunakan motor/ mobil pribadi saat bepergian, tentu penyebabnya adalah ketidaknyamanan menggunakan Transportasi umum seperti, kondisi angkutan umum yang mayoritas tidak layak, ditambah lagi dengan supirnya yang kebut-kebutan, belum lagi para pengamen yang terkesan memaksa penumpang sehingga membuat masyarakat semakin enggan menggunakan Transportasi umum.

Transportasi umum di darat untuk menghubungkan antar wilayah Jepang adalah kereta api, jaringan kereta reguler di Jepang banyak yang menggunakan sistem jalur sub-way (kereta bawah tanah) di ibukota Tokyo telah memiliki 12 jalur yang mencakup jarak tempuh ratusan kilometer, kereta api ini juga dianggap terbaik di dunia karena kebersihan dan ketepatan waktunya (sangat berbeda dengan kereta api Indonesia bukan?) Selain itu masih ada Shinkansen yang sangat terkenal, Shinkansen, atau disebut sebagai kereta-listrik super-cepat, adalah kereta-listrik ekspres yang berjalan dengan kecepatan maksimal 250 hingga 300 km per jam. Jaringan Shinkansen mempunyai lima rute yang menyebar dari Tokyo dan Osaka. Selama ini belum pernah terjadi kecelakaan operasional yang fatal sehingga Shinkansen dianggap merupakan sistem kereta-api berkecepatan tinggi yang paling aman di dunia.

Transportasi kereta api di Jepang memang menyediakan pelayanan yang cukup maksimal, harga murah, cepat dan tepat waktu, namun selain itu di Jepang juga memiliki Transportasi umum bus yang tidak kalah pelayanannya. Lajur yang dilalui bus-bus di Jepang adalah perkotaan, sehingga sangat cocok untuk wisatawan sambil menikmati pemandangan kehidupan sosial masyarakat Jepang sehari-hari, selain itu ongkos bus juga lebih murah daripada shinkansen yang cukup mahal. Bus di Jepang juga cukup berbeda dengan Indonesia, untuk jarak yang cukup jauh biasanya dilengkapi fasilitas seperti selimut, televisi, toilet, telepon dan minuman, sehingga penumpang akan merasa sangat nyaman. Ada juga bus-bus kecil yang menghubungkan jarak-jarak pendek seperti di pinggiran kota dan pedesaan.



shinkansen


salah satu subway di Sapporo



MRT di Jepang




bus di Jepang



bus lokal di Jepang


Selain Transportasi darat, Transportasi lainnya juga berkembang dengan baik di Jepang. Banyak bandar udara yang ada di sana untuk mempermudah wisatawan datang ke Jepang.

Bandar udara utama di Jepang meliputi:
Bandar Udara Internasional Narita
Bandar Udara Internasional Tokyo atau Bandar Udara Haneda
Bandar Udara Internasional Osaka atau Bandar Udara Itami
Bandar Udara Internasional Kansai
Bandar Udara Internasional Centrair Chubu dekat Nagoya
Bandar Udara Nagoya atau Bandar Udara Komaki
Bandar Udara Chitose Baru dekat Sapporo
Bandar Udara Fukuoka 

 

salah satu Maskapai International Jepang di Narita Airport

Untuk menghubungkan kota-kota pelabuhan di Jepang, dan juga untuk menghubungkan pulau-pulau kecil dengan pulau lainnya, digunakan feri dan kapal laut. Ada 22 pelabuhan utama yang ditetapkan sebagai pelabuhan penting oleh Kementerian Lahan, Infrastruktur, dan Transportasi Jepang termasuk Chiba, Fushiki/ToyamaHimejiHiroshimaKawasakiKitakyushuKobeKudamatsuMuroranNagoyaNiigata,Osaka,Sakai/Senpoku, Sendai/ShiogamaShimizuShimonosekiTokyoTomakomaiWakayamaYokkaichi, dan Yokohama.

sumber : 
http://www.id.emb-japan.go.jp
http://jepang.panduanwisata.com
http://id.wikipedia.org
http://santysusan.blogspot.com
dan lain sebagainya
Tag :, Tag :

Gantikan Nuklir, Jepang Bangun Tenaga Angin Lepas Pantai Terbesar di Dunia

//Posted by Unknown
turbin angin,wind turbinTenaga nuklir berisiko, rawan akan gempa bumi, dan tsunami. Pemerintah Jepang berencana membangun tenaga angin lepas pantai sebagai gantinya.

Tragedi bocornya reaktor nuklir di Fukushima Daiichi yang disebabkan gelombang tsunami pada tahun 2011, menjadi pelajaran penting buat Jepang. Tak ingin mengulangi kesalahan, pemerintah Jepang kini memilih untuk mengganti energi tenaga nuklir dengan tenaga angin. Tak tanggung-tanggung, Jepang berencana membangun energi angin lepas pantai yang terbesar di dunia.

Belum luput dari ingatan, gempa bumi dan tsunami menghantam pantai timur Jepang menghancurkan pembangkit listrik tenaga nuklir yang terletak di pantai Jepang di distrik Futaba, perfektur Fukushima. Hancurnya reaktor nuklir ini mengakibatkan radioaktif menyebar dengan cepat ke kota-kota di sekitarnya seperti Okuma dan Futaba serta kota lainnya.

Pasca tragedi ini, pemerintah Jepang mulai berpaling dari energi tenaga nuklir dan memfokuskan untuk mengusahakan energi terbarukan lain seperti energi surya, angin, dan panas bumi. Merealisasikan rencana tersebut, pemerintah Jepang berencana membangun turbin lepas pantai yang menghasilkan kekuatan hingga setara dengan 21 persen dari total energi yang dihasilkan oleh pembangkit tenaga nuklir yang sekarang tidak berfungsi.

Turbin lepas pantai ini nantinya diperkirakan akan menghasilkan energi dua kali lipat dari energi lepas pantai terbesar yang saat ini ada --pembangkit tenaga angin Greater Gabbard di Inggris yang mampu menghasilkan 504 megawatt dengan mengggunakan 140 turbin. Energi tersebut mampu untuk memenuhi kebutuhan energi hampir satu juta rumah.

Nantinya bukanlah turbin-turbin yang dipasangkan ke dasar laut, melainkan dengan menggunakan alat yang canggih berlapis baja yang akan mengambang, terhubung hingga menuju landas kontinen layaknya sebuah rakit yang berlabuh. Ballast atau alat pengimbang akan membuat turbin-turbin ini tetap berdiri tegak.

Manajer proyek Takeshi Ishihara dari Universitas Tokyo mengatakan, pembangunan pembangkit tenaga angin dirancang, di mana risiko gempa bumi dan tsunami sudah dipikirkan.

"Pembangkit tenaga angin benar-benar memiliki rekam jejak yang bagus saat tsunami datang. Sebagai contoh pembangkit tenaga angin Kamisu yang selamat dari gempa dan relatif tidak mengalami kerusakan," kata Ishihara. Nantinya pembangkit tenaga angin juga akan mempengaruhi industri perikanan lokal, jika benar-benar terealisasi maka akan menguntungkan industri perikanan ini.

Halangan terbesar merealisasikan projek ini ialah masalah pendanaan, karena tentunya memerlukan biaya yang tidak sedikit. Namun demikian, secara keseluruhan pemerintah Jepang telah menyiapkan anggaran sebesar US$16,3 miliar dalam proyek energi terbarukan hanya untuk tahun 2012 saja.
(Umi Rasmi. Sumber: Discovery News)

Tag :, Tag :

5 Hewan yang paling susah dibunuh

//Jumat, 08 Februari 2013
//Posted by Unknown

Salah satu sifat manusia yang buruk adalah suka membunuh binatang. Padahal binatang tidak salah atau menggangu manusia, tetapi manusia selalu ingin membunuh binatang tersebut. Untungnya alam ini adil. Terdapat beberapa binatang yang susah untuk dibunuh. Mungkin ketika anda mencoba membunuh binatang tersebut, binatang tersebut malah balik menyerang anda =). Oke ini dia 5 Binatang Paling Susah di Bunuh didunia.


5 East African Giant Snail

5 Hewan Paling Sulit Dibunuh di Dunia


East african giant snail mirip dgn sepupu2nya...namun bisa tumbuh sampai 8 inciPenghuni afrika timur sudah mencoba berbagai hal untuk membunuh binatang satu ini..pestisida, racun,bahkan flamethrower..tapi makhluk ini masih tidak bisa dibunuh.

 

4 Water Bears
Water bears adalah binatang air yg mikroskopik.
Water bear sangat susah dibunuh..mereka bahkan tdk bs di bekukan;mereka bs tahan di kedinginan -273 celcius. Mereka juga bs tahan bom nuklir..mereka bs kembali ke bentuk kering dan saat di bentuk ini mereka kebal terhadap radiasi. Mereka juga kebal terhadap nitrogen cair dan asam mineral.
Salah satunya cara membunuh water bear adalah mengirimnya ke luar angkasa..dan walaupun begitu mereka masih bisa hidup 10 hari!

 

3 Tree Weta
Tree weta adalah..binatang yg serem abis.
Di darah mereka ada protein spesial yg membuat air tidak bisa dibekukan..berarti walaupun tree weta dibekukan, darah mereka masih bisa mengalir saat mereka bangun.
Otak dan hati mereka juga tidak berfungsi saat mereka beku..namun mereka bisa kembali berfungsi saat cair..
Jadi mereka bisa mati..lalu hidup lagi! Kayak zombie!

 

2 Lungfish
5 Hewan Paling Sulit Dibunuh di Dunia
Lungfish adalah salah satu spesies binatang air tertua
Mereka bisa hidup walaupun tidak ada air atau udara selama 6 bulan. Mereka bisa hidup kembali setelah diberi sedikit air



1 Immortal Jellyfish

5 Hewan Paling Sulit Dibunuh di Dunia
Immortal berarti abadi..dan ubur2 satu ini emg abadi..alias ga bisa mati!
Ubur2 ini lahir dan berkembang seperti biasa..namun hidup mereka tidak berakhir..mereka akan kembali ke bentuk polyp (bayi ubur2) dan hidupnya mulai lagi dari awal!

Cr : Klik Menarik
Tag :

Pages

Visitor

Diberdayakan oleh Blogger.

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "